Kamis, 08 November 2012

Tanda Tanya...

disini udah jam 3 pagi. tapi gak tau kenapa mata ini masih gak ngantuk ngantuk juga. mungkin gara gara tadi iseng iseng buka twitter dan ada yang ngetwit seperti ini "gakpapa lah dipaksakan kalo buat kebaikan" gak tau kenapa di kepala saya kayak ada yang ngeganjel sama kalimat ini. hati nurani saya juga gitu. kalau kata pak uztad, hati nurani adalah alat komunikasi  tuhan dengan kita. jadi biasanya apapun yang dikatakan hati nurani, biasanya adalah bisikan tuhan terhadap kita. nah berhubung hati nurani saya berontak (apasih) berarti ada yang gak beres dengan kalimat itu. apakah sesuatu yang dipaksakan itu hasilnya akan baik? apakah baik dalam memaksakan sesuatu? dua pertanyaan itu muter muter di kepala saya saat ini. kalau buat kebaikan kenapa harus dipaksakan? gak bisa dilakukan dengan sukarela? nah yang dua belum kejawab, eh tau tau muncul lagi dua tambahan pertanyaan. dan sampe sekarang saya masih kepikiran dan berakibat makin gak bisa tidur. eeh.. udah gitu tau tau nambah lagi pertanyaan di pikiran saya. "mana yang lebih baik, sesuatu yang dilakukan secara sukarela? atau sesuatu yang dilakukan karna unsur paksaan? haduuh pusiiing pusing..

mungkin ada yang pernah bilang kalau "seandainya dulu gak dipaksa, mungkin gak akan seperti ini" eh tapi bukannya melakukan sesuatu dengan terpaksa itu sama aja gak ikhlas ya? trus bukannya gak ikhlas itu gak baik? contohnya gini. saya gak suka sayur. tapi karna dimarahi emak dan dipaksa makan sayur, akhirnya sayur itu tak makan. ada rasa terpaksa dalam memakan sayur itu. dan dalam hati saya sama sekali gak ikhlas karna harus merasakan gak enaknya sayur itu melewati kerongkongan dan masuk ke lambung. apakah sayur baik? baik banget. saya tau itu. sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. bahkan mengandung serat yang bagus buat merawat sistem pencernaan kita. harusnya saya seneng dong sayur itu masuk ke perut saya.. tapi kenapa dalam hati ini justru merasa gak ikhlas ya? apa mungkin karna dari awal saya makan sayur karna "dipaksa?" dan bukan karna keinginan sendiri?

ada seorang teman yang punya minat di bidang olahraga. tapi orang tuanya memaksakan untuk masuk di kedokteran. anaknya sih mampu. jadi saya rasa kalaupun dia masuk kedokteran dia gak akan kesulitan dalam menerima pelajaran. karna "harus nurut apa kata orang tua" akhirnya dengan terpaksa ia masuk kedokteran. hasilnya? "mungkin hampir tiap hari dia mengeluh. keluhan yang gak masuk akal sih sebenernya. atau bahkan mungkin sangat umum. ya. dia gak bahagia dengan pilihan yang di jalaninya karna "terpaksa"

mungkin kita berpikir kalau kita enggak nurutin orang tua kita bakal durhaka. kalau orang tua pengen A, dan kita pengen B, trus karna takut dibilang durhaka akhinya kita terpaksa milih B. pernah gak sih kita mikir "gimana kalau seandainya orang tua kita berubah pikiran gak pengen A. dan akhirnya memilih B?" gimana caranya? meyakinkan mereka bahwa pilihan B bukan pilihan yang salah? sayangnya gak ada yang berpikir kesini. kita gak mau repot repot meyakinkan orang tua dengan pilihan kita dan atas alasan "anak yang berbakti" akhirnya kita lebih milih jalan pintas untuk ngikutin keinginan orang tua dengan terpaksa. padahal bisa aja kan sebenarnya orang tua kita memilih A karna gak tau sama sekali tentang B.. bisa aja kalau mereka paham tentang B, mereka bakal jauh lebih memilih B ketimbang A? tapi kenapa gak ada yang mau ngelakuin ini ya? duh bingung...



dari beberapa kejadian barusan sih, kesimpulan sementara saya, sesuatu yang di paksakan itu enggak baik. lah trus kalau misalnya menyangkut hal yang berbau spiritual? misalnya agama. kalau kita beragama A karna terpaksa itu baik gak ya? misalkan kita melakukan sesuatu dengan terpaksa atas dasar "agama" itu baik gak yah? eh, apakah agama yang saya anut ini baik? darimana saya tau kalau baik? darimana saya tau kalau buruk? dari cerita? dari perkataan orang lain? dari tulisan tulisan? apakah kita sudah mengalami sendiri?
berarti untuk tau baik dan buruk? kita harus mengalami sendiri dong? kita gak akan pernah tau gimana rasanya api kalau belum pernah ketemu api kan? ya gak harus megang api juga sih buat ngebuktiin api itu panas. kita kan gak bego bego banget. lah dari perbedaan jarak antara api dengan kita aja kita udah bisa ngira ngira kok kalau api itu panas.

lah jadi mendingan ngelakuin sesuatu yang buruk daripada ngelakuin sesuatu yang baik tapi terpaksa? duh aduuh.. ini pertanyaan paling tolol yang pernah saya pikirkan. kalau udah tau itu buruk ngapai kita lakuin? lha wong kadang sesuatu yang baik aja kita gak mau ngelakuin? apa lagi yang buruk? ya gak mungkin lah kita mau ngelakuin hal yang buruk...

sebenernya tau dari mana sih kita baik dan buruk itu? apa ada patokan patokan tertentu bahwa sesuatu itu bisa di katakan salah dan di katakan benar? kalau saya ingin mengatakan tidak, maka menggelengkan kepala adalah hal yang benar. eh tapi di belahan bumi lain menggelengkan kepala berarti mengiyakan sesuatu? duh gimana sih? katanya tadi ada patokan patokan tertentu? kok masalah angguk angguk geleng geleng doang bisa beda sih? jadi apa itu "benar"? apa itu "salah"? berarti ini masalah perbedaan sudut pandang dong... berarti apa yang menurut kita benar, bisa jadi menurut orang lain salah? kalo gitu yang namanya kebenaran absolut gak ada dong? terus kalo yang namanya kebenaran absolut itu gak ada, kenapa diluar sana masih ada sekelompok orang yang melakukan sesuatu atas alasan "kebenaran"? apalagi sampe bawa bawa tuhan. itu kan sama aja menyamai tuhan dong? lah kok gitu? ya soalnya mereka ngaku ngaku melakukan tindakan yang "benar". emangnya menyakiti orang lain yang gak sepemikiran dengan kita itu merupakan bentuk dari kebenaran ya? kalo memang kebenaran kenapa bisa banyak yang protes? kenapa melakukan kebenaran harus di protes? eh tapi menurut mereka mereka yang memprotes itu sih, katanya hati nurani mereka bergejolak melihat tindakan sekelompok orang yang katanya melakukan kebenaran itu.

kalo di bulan puasa, menghancurkan warung makan kecil yang buka siang siang disebut kebenaran. iya sih, udah tau puasa. eh kok enak banget mereka buka tempat yang bikin kita tergoda buat makan. emang pantes tuh buat dihancurin. biar puasa kita gak tergoda. eh tapi kok hati nurani ini teriak ya? padahal kan itu kebenaran? eh iya kebenaran kan gak ada yang absolut. kalo kita sampe tergoda ya salah kita dong. kenapa sampai tergoda. duh kok gitu? kan mereka yang ngegoda kita? mereka dong yang salah. lah kalo kayak gitu caranya sih manusia pada masuk surga semua dong? lah kenapa? ya kan katanya manusia berbuat dosa karna di goda setan? berarti kita gak salah dong? kan yang salah setan? kita kan cuma tergoda? berarti gak salah lah? eh tapi setan kok di ijinin ngegoda kita sih sama tuhan? kalo memang ngegoda orang untuk berbuat jahat itu salah, kenapa di ijinkan oleh tuhan ya? ooh mungkin tuhan sengaja buat menguji kita kali ya? yang namanya ujian itu kan efeknya buat kita, bukan buat yang ngasi soal ujian kan? lah jadi kalo kita gagal dalam ujian efeknya ke kita dong? berarti setan gak salah karna ngegoda kita? kitalah yang salah. "kenapa bisa tergoda oleh setan?" haduh jadi tambah pusing nih kepala...

sial.. kok makin banyak aja sih pertanyaan di kepala saya? eh tapi ada bagusnya juga sih.. akhirnya saya jadi ngantuk nih.. yeeess.. tidur ah...








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan dikomentari disini.... pilih openID dan masukin alamat situs kamu atau alamat jejaring sosialmu. pilih Name/URL kalau kamu mau nyantumin nama atau home page, atau dua duanya. pilih "anonymous" kalau kamu gak pengen dikenal.