Selasa, 26 Oktober 2010

Mengapa pria susah untuk meminta maaf??

Kerapkali setelah melakukan kesalahan kaum pria cenderung ngeles alias pura-pura tidak terjadi apa-apa, pura-pura lupa ingatan. Tidak ada kata maaf atas tindakan bodohnya. Malahan mungkin, dia kemudian balik menyalahkan Sist, saat Sist bertanya padanya tentang sikap teledornya itu.

Yang perlu kita ketahui tentang perbedaan pria dan wanita adalah bahwa pria 'hidup' dari harga diri atau penghargaan, sedangkan wanita 'hidup' dari kasih atau cinta. Hal ini yang kemudian menjelaskan mengapa makhluk berkumis itu susah minta maaf.

Bagi pria, kata maaf berarti ia gagal, sementara bagi wanita, berani minta maaf itu merupakan tindakan terhormat

Maaf mengandung arti bagi pria bahwa ia telah gagal. Jika ia gagal, maka harga dirinya pun jadi tercoreng. Oleh karena itu, meski merasa bersalah atau menyesal, kaum pria jarang mengungkapkannya secara verbal.


Mereka cenderung melakukan hal-hal istimewa, seperti membeli bunga, mentraktir makan, atau merayu, untuk 'membayar' rasa bersalah itu. Mereka tidak ingin dicap gagal saat mereka minta maaf.


Oleh karena itu, kita perlu menjadi teladan bagi mereka. Jika Sist berbuat salah, minta maaflah. Dengan demikian mereka akan melihat bahwa minta maaf itu bukanlah bentuk kegagalan, namun sebaliknya.

Pria tidak tahu mereka salah, dan kalaupun mereka tahu mereka tidak suka disalahkan

Bisa jadi pria enggan minta maaf karena mereka tidak tahu bahwa mereka salah. Atau jika mereka tahu, mereka tidak menyadari bahwa Sist telah terluka karenanya. Dalam hal ini, Sist harus mengungkapkan secara jujur apa yang Sist rasakan jika ia berbuat seperti itu.

Bicarakan dengan nada lembut tanpa ada embel-embel menghakimi atau menyalahkannya, karena siapa juga yang suka disalahkan atau dipojokkan. Ingatlah, bahwa tujuan Sist adalah agar dia tidak mengulangi kesalahan yang sama, bukannya mencari kesalahannya dan mempermalukannya.

Pria sukar mengungkapkan perasaannya secara verbal

Memang banyak pria yang suka berkata muluk-muluk. Namun, hal itu dengan mudah dapat dipelajari oleh pria manapun. Berbeda dengan wanita, pria tidak terlalu pandai dalam hal membicarakan apa yang mereka rasakan. Oleh karena itu, tiap kali bila disinggung tentang yang namanya perasaan, mereka bakal lari terbirit-birit karena tidak tahu harus berkata apa.


Memang tidak mau

Yang satu ini merupakan alasan terakhir dan sebuah sinyal merah untuk Sist. Jika Sist mengenal pria yang sudah tahu bahwa dirinya bersalah, namun tidak melakukan apapun untuk memperbaiki kesalahannya itu, maka ia tak patut dipertahankan. Pria macam ini berhati kaku dan dingin, enggan minta maaf karena ia memang tidak mau disalahkan dan bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan. Apa Sist mau hidup dengan pria egois macam ini?!

Setelah kita tahu beberapa alasan yang membuat pria bungkam tentang minta maaf, maka satu hal lagi yang perlu kita ingat adalah jangan memaksa mereka untuk minta maaf. Seorang pria yang dipaksa untuk minta maaf akan balik menyalahkan Sist karena ia merasa harga dirinya sedang terancam.

Sebaliknya, dekati ia dengan lembut. Minta maaflah lebih dulu atas reaksi negatif Sist padanya, dan baru nyatakan perasaan dan keberatan Sist atas sikapnya itu. Jika Sist melunak, ia juga akan melunak.

Jika Sist merendah, maka ia akan merasa tersanjung dan lebih mau mengakui kesalahannya karena ia tahu bahwa Sist takkan memandang sebelah mata jika ia minta maaf. Pria pun butuh rasa aman, sama seperti Sist.

3 komentar:

silahkan dikomentari disini.... pilih openID dan masukin alamat situs kamu atau alamat jejaring sosialmu. pilih Name/URL kalau kamu mau nyantumin nama atau home page, atau dua duanya. pilih "anonymous" kalau kamu gak pengen dikenal.