Jumat, 09 November 2012

balada kendaraan umum di Jakarta

jam dua belas malem.. dan lagi lagi saya belum tidur.. kayaknya saya emang udah ditakdirkan untuk hidup nokturnal. eits. untungnya besok libur kuliah.. heuheuheu.. jadinya ya gak masalah lah ya..

ngomong ngomong soal kuliah, mau nanya nih. nanya dong.. boleh laah.. bole doong.. ? kalian dari tempat tinggal menuju ke kampus tercinta itu pake apa sih? apa punya kendaraan pribadi, atau naik kendaraan umum? ato mungkin jalan kaki karna kalian tinggal di pos satpam kampus?

nah kalo saya sih lebih enak make kendaraan umum. sebenernya bukan enak juga sih. cuma karna emang gak punya kendaraan pribadi aja.. nah hampir semua jenis kendaraan umum udah pernah saya coba. dari delman, becak, ojek, bajaj, oplet, bemo, taksi, angkot, bis, pesawat, bahkan kapal dan perahu getek yang buat nyebrang sungai yang ditarik pake kabel udah saya cobain juga satu yang belum. kereta. nah dari semua itu, saya paling sering naek bis kecil buat pergi ke kampus. kalo di jakarta, ada dua perusahaan gede yang nanganin bis mini ini. yang satu namanya "kopaja"






yang satu lagi namanya "metro mini"



sebenernya gak cuman ada dua doang sih. yang lainnya ada. cuma gak begitu terkenal dan banyak. dan jarang saya temui juga.

kita udah sering liat lah ya di kotak ajaib (baca : televisi) dimana keberadaan bus bus ini mendapat julukan raja jalanan karna kelakuannya yang semena mena di jalan. dan saya harus naik benda ini tiap mau ke kampus. setiap hari berasa setor nyawa ke tangan pak sopir. -_-

kita yang pernah bawa motor pasti pernah nyalip nyalip kan? nah sekarang bayangkan motor itu segede bus ini. tapi dengan gaya nyalip yang sama.. bencana? bener. jadi tiap habis dari mana mana, dan akhirnya pulang ke kosan, rasanya pengen sujud sukur karna baru saja berhasil sampai dalam keadaan utuh. setiap pagi berasa ada di film die hard... dimana saya berhasil menghindari kematian beberapa kali karna kelakuan sopir bus yang luar biasa ini.

eits, tapi jangan takut. bukan berarti kendaraan ini 100% gak aman untuk di gunakan. saya tetap mengandalkan bus ini karna ongkosnya yang murah. 2000 rupiah. cukup bersahabat dengan dompet mahasiswa. hehehe.

tapi kalo kalian memang masih takut buat naik, tenaang. saya bakal ngasi 15 tips dan trik seputar tata cara naik kendaraan umum dengan baik dan benar~

1. yang paling utama, sebelum naik angkot,  Berhentiin dulu angkotnya…jangan naik pas angkotnya lagi ngebut...


2. Pas mau naik ke dalam bus, usahakan pake KAKI duluan, jangan pernah naek pake tangan. apalagi sambil salto belakang.

3. Kalo ditanyain sama supir atau kernetnya  “mau kemana” jangan di jawab “Ke hatimu”... jangan.. kalo supirnya galau bahaya. supir gak galau aja bawa busnya ugal ugalan. apalagi supir yang galau.

4. walaupun kamu mahasiswa dan terkadang kurang uang jajan, trus si kernetnya banyak megang duit seribu dua ribuan, jangan pernah sekali sekali kamu cium tangan dia trus minta uang jajan. jangan. dia bukan orang tua kamu.
 

5. nah buat yang cewek, senarsis narsisnya kamu, jangan pernah poto di depan kaca spion sopirnya. apalagi sampe ngajak ngajak si sopir sama kernet buat poto bareng...


6. kalo misalnya si supir mau mindahin gigi, dan kebetulan kamu duduk disebelahnya, biar terlihat ramah, coba kamu genggam tangan pak supirnya trus kamu bantu dia dorong tuas persnelingnya. jangan lupa sambil kamu tatap wajah pak supirnya dan bilang "tenang, ada aku disini."

7. kalo misalnya ada pengamen di dalem bis, coba dengarin lagunya dulu. kalo kamu suka dengan cara dia perform, gak perlu dikasih komentar apa apa. ini bukan indonesian idol. cukup kamu kasih recehan. kalo kamu lagi gak ada uang? segeralah berdiri dan bergabung dengan si pengamen lalu ikut nyanyi. kali aja dia sebenarnya pencari bakat yang lagi nyamar jadi pengamen.
karna mereka adalah seniman jalanan


8. kalo kamu ketemu tukang palak, baik yang malak secara kasar ataupun yang malak secara halus kayak di cerita YANG INI, tenang. jangan panik. pura pura tidur aja. kalo gak mempan coba kamu teriak teriak histeris lalu pura pura mati.


9. kalo kamu kebetulan duduk di belakang supirnya, jangan pernah sekali sekali kamu iseng nutup mata supirnya sambil ngomong "hayoo.. tebak aku siapaa?"


10. meskipun gak kebagian tempat duduk dan kadang mesti berdisi sambil desek desekan, tapi jangan pernah sekali sekali kamu duduk di pangkuan supir. plisdeh ingat umur.


11. sebelum naik kendaraan, perhatikan dulu plat nomernya. cari yang plat kuning. jangan yang item. apalagi yang tulisannya RI 1. pokoknya jangan.


12. kalo mau naik kendaraan umum yang pake BBM, tanya supirnya apa jenis bahan bakarnya. jangan pernah naik kendaraan yang pake bensin campur. terutama yang pake campur dorong. bikin capek.


13. kalau suara kamu bagus, saat mau turun kamu bisa sambil nyanyiin lagu Beyonce..”turn the left turn the left”..

14. kalau kamu gak bisa nyanyi, jangan khawatir. kamu bisa ucapkan “kiri, beb!!” sama kernetnya biar lebih sopan dan romantis...

15. sebelum meninggalkan kendaraan umum, gak perlu menegakkan sandaran kursi dan mengunci meja di hadapan kamu. ingat. kamu lagi naik angkot. bukan pesawat.




sekian beberapa tips yang mudah mudahan bisa berguna... kayaknya.. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan dikomentari disini.... pilih openID dan masukin alamat situs kamu atau alamat jejaring sosialmu. pilih Name/URL kalau kamu mau nyantumin nama atau home page, atau dua duanya. pilih "anonymous" kalau kamu gak pengen dikenal.