Selasa, 25 Desember 2012

Nostalgila

Deras, hujan yang turun
Mengingatkanku, pada dirimu
Aku, masih disini, untuk Setia~

gak.. aku gak lagi galau kok. kebetulan lagi hujan badai di luar. Dan kebetulan playlist di laptop lagi nyetel lagu ini. hehehe

berhubung post kalo ini bertepatan dengan hari natal...



Semoga kerukunan antar umat beragama semakin terjalin erat di tanah air kita ini ya.... 

gak lama lagi kita akan menghadapi pergantian tahun nih. pastinya udah ada beberapa rencana dong buat kalian yang sedang liburan. mungkin ada yang bersiap siap mau liburan ke luar negri, ada yang pulang kampung menunjungi sanak saudara tercinta, jalan jalan sambil belanja di pusat perbelanjaan, atau mungkin nongrong nongkrong bareng temen sambil bakar bakar ikan, ayam, dan jagung. kalo aku sih punya rencana yang luar biasa untuk liburan kali ini. berhubung liburan lumayan lama, ya aku bakal ngabisin waktu dengan cara.. Tidur.. gak ngapa ngapain #AnakKosan #HematBeb

di akhir penghujung tahun ini, hal yang aku sukai itu selain Tidur, biasanya bernostalgia.. mengingat apa apa aja yang sudah terjadi di waktu waktu sebelumnya. dari yang paling simpel aja dulu. misalkan status FB.. iya. aku iseng bongkar bongkar status lamaku di facebook.. dan ternyata..... AKU HINA SEKALIII!!!

nah ini salah satu status di awal masa masa jahiliyah... gak tau kenapa aku bisa nulis kayak gitu.. mungin sebelumnya kebanyakan minum minyak kelapa...

emm... mungkin waktu itu jiwa sosialku masih tinggi banget kali ya.. segala permasalahan di masyarakat dipikirkan. mungkin waktu itu... ah sudahlah #TepokJidat

nah kalo ini mungkin waktu itu aku lagi puber ke 17 kali ya.. lagi.. labil labilnya. . . 

*Speechless* *Makan beling* *emangnya kuda lumping?*

ya itu tadi beberapa status dari FB-ku di jaman jahiliyah.. jaman kegelapan. era kebiadaban. dan.. asli random. iya.. random abis.. kayak orangnya.. *meringkuk di pojokan*

bernostalgia itu bisa membawa kesenangan tersendiri. bisa bikin ketawa ketawa, merenung, bahkan nangis bombay. gak ada yang salah dengan kenangan. seburuk apapun kenangan itu, bahkan yang menyebabkan trauma sekalipun. kenapa? karna kenangan buruk itu bisa jadi patokan. 

"Suatu saat ketika kamu mengingat kenangan burukmu dan setelah itu tersenyum, selamat. kamu sudah dewasa dan berhasil melangkah..."

Selamat berlibur, dan.. salam olahraga~












Jumat, 09 November 2012

balada kendaraan umum di Jakarta

jam dua belas malem.. dan lagi lagi saya belum tidur.. kayaknya saya emang udah ditakdirkan untuk hidup nokturnal. eits. untungnya besok libur kuliah.. heuheuheu.. jadinya ya gak masalah lah ya..

ngomong ngomong soal kuliah, mau nanya nih. nanya dong.. boleh laah.. bole doong.. ? kalian dari tempat tinggal menuju ke kampus tercinta itu pake apa sih? apa punya kendaraan pribadi, atau naik kendaraan umum? ato mungkin jalan kaki karna kalian tinggal di pos satpam kampus?

nah kalo saya sih lebih enak make kendaraan umum. sebenernya bukan enak juga sih. cuma karna emang gak punya kendaraan pribadi aja.. nah hampir semua jenis kendaraan umum udah pernah saya coba. dari delman, becak, ojek, bajaj, oplet, bemo, taksi, angkot, bis, pesawat, bahkan kapal dan perahu getek yang buat nyebrang sungai yang ditarik pake kabel udah saya cobain juga satu yang belum. kereta. nah dari semua itu, saya paling sering naek bis kecil buat pergi ke kampus. kalo di jakarta, ada dua perusahaan gede yang nanganin bis mini ini. yang satu namanya "kopaja"






yang satu lagi namanya "metro mini"



sebenernya gak cuman ada dua doang sih. yang lainnya ada. cuma gak begitu terkenal dan banyak. dan jarang saya temui juga.

kita udah sering liat lah ya di kotak ajaib (baca : televisi) dimana keberadaan bus bus ini mendapat julukan raja jalanan karna kelakuannya yang semena mena di jalan. dan saya harus naik benda ini tiap mau ke kampus. setiap hari berasa setor nyawa ke tangan pak sopir. -_-

kita yang pernah bawa motor pasti pernah nyalip nyalip kan? nah sekarang bayangkan motor itu segede bus ini. tapi dengan gaya nyalip yang sama.. bencana? bener. jadi tiap habis dari mana mana, dan akhirnya pulang ke kosan, rasanya pengen sujud sukur karna baru saja berhasil sampai dalam keadaan utuh. setiap pagi berasa ada di film die hard... dimana saya berhasil menghindari kematian beberapa kali karna kelakuan sopir bus yang luar biasa ini.

eits, tapi jangan takut. bukan berarti kendaraan ini 100% gak aman untuk di gunakan. saya tetap mengandalkan bus ini karna ongkosnya yang murah. 2000 rupiah. cukup bersahabat dengan dompet mahasiswa. hehehe.

tapi kalo kalian memang masih takut buat naik, tenaang. saya bakal ngasi 15 tips dan trik seputar tata cara naik kendaraan umum dengan baik dan benar~

1. yang paling utama, sebelum naik angkot,  Berhentiin dulu angkotnya…jangan naik pas angkotnya lagi ngebut...


2. Pas mau naik ke dalam bus, usahakan pake KAKI duluan, jangan pernah naek pake tangan. apalagi sambil salto belakang.

3. Kalo ditanyain sama supir atau kernetnya  “mau kemana” jangan di jawab “Ke hatimu”... jangan.. kalo supirnya galau bahaya. supir gak galau aja bawa busnya ugal ugalan. apalagi supir yang galau.

4. walaupun kamu mahasiswa dan terkadang kurang uang jajan, trus si kernetnya banyak megang duit seribu dua ribuan, jangan pernah sekali sekali kamu cium tangan dia trus minta uang jajan. jangan. dia bukan orang tua kamu.
 

5. nah buat yang cewek, senarsis narsisnya kamu, jangan pernah poto di depan kaca spion sopirnya. apalagi sampe ngajak ngajak si sopir sama kernet buat poto bareng...


6. kalo misalnya si supir mau mindahin gigi, dan kebetulan kamu duduk disebelahnya, biar terlihat ramah, coba kamu genggam tangan pak supirnya trus kamu bantu dia dorong tuas persnelingnya. jangan lupa sambil kamu tatap wajah pak supirnya dan bilang "tenang, ada aku disini."

7. kalo misalnya ada pengamen di dalem bis, coba dengarin lagunya dulu. kalo kamu suka dengan cara dia perform, gak perlu dikasih komentar apa apa. ini bukan indonesian idol. cukup kamu kasih recehan. kalo kamu lagi gak ada uang? segeralah berdiri dan bergabung dengan si pengamen lalu ikut nyanyi. kali aja dia sebenarnya pencari bakat yang lagi nyamar jadi pengamen.
karna mereka adalah seniman jalanan


8. kalo kamu ketemu tukang palak, baik yang malak secara kasar ataupun yang malak secara halus kayak di cerita YANG INI, tenang. jangan panik. pura pura tidur aja. kalo gak mempan coba kamu teriak teriak histeris lalu pura pura mati.


9. kalo kamu kebetulan duduk di belakang supirnya, jangan pernah sekali sekali kamu iseng nutup mata supirnya sambil ngomong "hayoo.. tebak aku siapaa?"


10. meskipun gak kebagian tempat duduk dan kadang mesti berdisi sambil desek desekan, tapi jangan pernah sekali sekali kamu duduk di pangkuan supir. plisdeh ingat umur.


11. sebelum naik kendaraan, perhatikan dulu plat nomernya. cari yang plat kuning. jangan yang item. apalagi yang tulisannya RI 1. pokoknya jangan.


12. kalo mau naik kendaraan umum yang pake BBM, tanya supirnya apa jenis bahan bakarnya. jangan pernah naik kendaraan yang pake bensin campur. terutama yang pake campur dorong. bikin capek.


13. kalau suara kamu bagus, saat mau turun kamu bisa sambil nyanyiin lagu Beyonce..”turn the left turn the left”..

14. kalau kamu gak bisa nyanyi, jangan khawatir. kamu bisa ucapkan “kiri, beb!!” sama kernetnya biar lebih sopan dan romantis...

15. sebelum meninggalkan kendaraan umum, gak perlu menegakkan sandaran kursi dan mengunci meja di hadapan kamu. ingat. kamu lagi naik angkot. bukan pesawat.




sekian beberapa tips yang mudah mudahan bisa berguna... kayaknya.. 











Kamis, 08 November 2012

Tanda Tanya...

disini udah jam 3 pagi. tapi gak tau kenapa mata ini masih gak ngantuk ngantuk juga. mungkin gara gara tadi iseng iseng buka twitter dan ada yang ngetwit seperti ini "gakpapa lah dipaksakan kalo buat kebaikan" gak tau kenapa di kepala saya kayak ada yang ngeganjel sama kalimat ini. hati nurani saya juga gitu. kalau kata pak uztad, hati nurani adalah alat komunikasi  tuhan dengan kita. jadi biasanya apapun yang dikatakan hati nurani, biasanya adalah bisikan tuhan terhadap kita. nah berhubung hati nurani saya berontak (apasih) berarti ada yang gak beres dengan kalimat itu. apakah sesuatu yang dipaksakan itu hasilnya akan baik? apakah baik dalam memaksakan sesuatu? dua pertanyaan itu muter muter di kepala saya saat ini. kalau buat kebaikan kenapa harus dipaksakan? gak bisa dilakukan dengan sukarela? nah yang dua belum kejawab, eh tau tau muncul lagi dua tambahan pertanyaan. dan sampe sekarang saya masih kepikiran dan berakibat makin gak bisa tidur. eeh.. udah gitu tau tau nambah lagi pertanyaan di pikiran saya. "mana yang lebih baik, sesuatu yang dilakukan secara sukarela? atau sesuatu yang dilakukan karna unsur paksaan? haduuh pusiiing pusing..

mungkin ada yang pernah bilang kalau "seandainya dulu gak dipaksa, mungkin gak akan seperti ini" eh tapi bukannya melakukan sesuatu dengan terpaksa itu sama aja gak ikhlas ya? trus bukannya gak ikhlas itu gak baik? contohnya gini. saya gak suka sayur. tapi karna dimarahi emak dan dipaksa makan sayur, akhirnya sayur itu tak makan. ada rasa terpaksa dalam memakan sayur itu. dan dalam hati saya sama sekali gak ikhlas karna harus merasakan gak enaknya sayur itu melewati kerongkongan dan masuk ke lambung. apakah sayur baik? baik banget. saya tau itu. sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. bahkan mengandung serat yang bagus buat merawat sistem pencernaan kita. harusnya saya seneng dong sayur itu masuk ke perut saya.. tapi kenapa dalam hati ini justru merasa gak ikhlas ya? apa mungkin karna dari awal saya makan sayur karna "dipaksa?" dan bukan karna keinginan sendiri?

ada seorang teman yang punya minat di bidang olahraga. tapi orang tuanya memaksakan untuk masuk di kedokteran. anaknya sih mampu. jadi saya rasa kalaupun dia masuk kedokteran dia gak akan kesulitan dalam menerima pelajaran. karna "harus nurut apa kata orang tua" akhirnya dengan terpaksa ia masuk kedokteran. hasilnya? "mungkin hampir tiap hari dia mengeluh. keluhan yang gak masuk akal sih sebenernya. atau bahkan mungkin sangat umum. ya. dia gak bahagia dengan pilihan yang di jalaninya karna "terpaksa"

mungkin kita berpikir kalau kita enggak nurutin orang tua kita bakal durhaka. kalau orang tua pengen A, dan kita pengen B, trus karna takut dibilang durhaka akhinya kita terpaksa milih B. pernah gak sih kita mikir "gimana kalau seandainya orang tua kita berubah pikiran gak pengen A. dan akhirnya memilih B?" gimana caranya? meyakinkan mereka bahwa pilihan B bukan pilihan yang salah? sayangnya gak ada yang berpikir kesini. kita gak mau repot repot meyakinkan orang tua dengan pilihan kita dan atas alasan "anak yang berbakti" akhirnya kita lebih milih jalan pintas untuk ngikutin keinginan orang tua dengan terpaksa. padahal bisa aja kan sebenarnya orang tua kita memilih A karna gak tau sama sekali tentang B.. bisa aja kalau mereka paham tentang B, mereka bakal jauh lebih memilih B ketimbang A? tapi kenapa gak ada yang mau ngelakuin ini ya? duh bingung...



dari beberapa kejadian barusan sih, kesimpulan sementara saya, sesuatu yang di paksakan itu enggak baik. lah trus kalau misalnya menyangkut hal yang berbau spiritual? misalnya agama. kalau kita beragama A karna terpaksa itu baik gak ya? misalkan kita melakukan sesuatu dengan terpaksa atas dasar "agama" itu baik gak yah? eh, apakah agama yang saya anut ini baik? darimana saya tau kalau baik? darimana saya tau kalau buruk? dari cerita? dari perkataan orang lain? dari tulisan tulisan? apakah kita sudah mengalami sendiri?
berarti untuk tau baik dan buruk? kita harus mengalami sendiri dong? kita gak akan pernah tau gimana rasanya api kalau belum pernah ketemu api kan? ya gak harus megang api juga sih buat ngebuktiin api itu panas. kita kan gak bego bego banget. lah dari perbedaan jarak antara api dengan kita aja kita udah bisa ngira ngira kok kalau api itu panas.

lah jadi mendingan ngelakuin sesuatu yang buruk daripada ngelakuin sesuatu yang baik tapi terpaksa? duh aduuh.. ini pertanyaan paling tolol yang pernah saya pikirkan. kalau udah tau itu buruk ngapai kita lakuin? lha wong kadang sesuatu yang baik aja kita gak mau ngelakuin? apa lagi yang buruk? ya gak mungkin lah kita mau ngelakuin hal yang buruk...

sebenernya tau dari mana sih kita baik dan buruk itu? apa ada patokan patokan tertentu bahwa sesuatu itu bisa di katakan salah dan di katakan benar? kalau saya ingin mengatakan tidak, maka menggelengkan kepala adalah hal yang benar. eh tapi di belahan bumi lain menggelengkan kepala berarti mengiyakan sesuatu? duh gimana sih? katanya tadi ada patokan patokan tertentu? kok masalah angguk angguk geleng geleng doang bisa beda sih? jadi apa itu "benar"? apa itu "salah"? berarti ini masalah perbedaan sudut pandang dong... berarti apa yang menurut kita benar, bisa jadi menurut orang lain salah? kalo gitu yang namanya kebenaran absolut gak ada dong? terus kalo yang namanya kebenaran absolut itu gak ada, kenapa diluar sana masih ada sekelompok orang yang melakukan sesuatu atas alasan "kebenaran"? apalagi sampe bawa bawa tuhan. itu kan sama aja menyamai tuhan dong? lah kok gitu? ya soalnya mereka ngaku ngaku melakukan tindakan yang "benar". emangnya menyakiti orang lain yang gak sepemikiran dengan kita itu merupakan bentuk dari kebenaran ya? kalo memang kebenaran kenapa bisa banyak yang protes? kenapa melakukan kebenaran harus di protes? eh tapi menurut mereka mereka yang memprotes itu sih, katanya hati nurani mereka bergejolak melihat tindakan sekelompok orang yang katanya melakukan kebenaran itu.

kalo di bulan puasa, menghancurkan warung makan kecil yang buka siang siang disebut kebenaran. iya sih, udah tau puasa. eh kok enak banget mereka buka tempat yang bikin kita tergoda buat makan. emang pantes tuh buat dihancurin. biar puasa kita gak tergoda. eh tapi kok hati nurani ini teriak ya? padahal kan itu kebenaran? eh iya kebenaran kan gak ada yang absolut. kalo kita sampe tergoda ya salah kita dong. kenapa sampai tergoda. duh kok gitu? kan mereka yang ngegoda kita? mereka dong yang salah. lah kalo kayak gitu caranya sih manusia pada masuk surga semua dong? lah kenapa? ya kan katanya manusia berbuat dosa karna di goda setan? berarti kita gak salah dong? kan yang salah setan? kita kan cuma tergoda? berarti gak salah lah? eh tapi setan kok di ijinin ngegoda kita sih sama tuhan? kalo memang ngegoda orang untuk berbuat jahat itu salah, kenapa di ijinkan oleh tuhan ya? ooh mungkin tuhan sengaja buat menguji kita kali ya? yang namanya ujian itu kan efeknya buat kita, bukan buat yang ngasi soal ujian kan? lah jadi kalo kita gagal dalam ujian efeknya ke kita dong? berarti setan gak salah karna ngegoda kita? kitalah yang salah. "kenapa bisa tergoda oleh setan?" haduh jadi tambah pusing nih kepala...

sial.. kok makin banyak aja sih pertanyaan di kepala saya? eh tapi ada bagusnya juga sih.. akhirnya saya jadi ngantuk nih.. yeeess.. tidur ah...








Kamis, 01 November 2012

kisah mahasiswa pulang kampung

kemaren waktu bulan puasa, tepatnya bulan agustus, tepatnya lagi tanggal 5 agustus, saya seperti biasa mengikuti kebiasaan orang indonesia pada umumnya. Mudik.

sebagai seorang anak rantau yang jauh dari rumah dan keluarga, kesempatan setahun sekali kayak gini gak bakalan tak sia-sia in donks... terbayang sudah dikepala ini bisa ketemu temen temen sekolah, bisa ketemu bapak sama ibu, bisa makan masakan buatan ibu tercinta, bisa keliling keliling pake motor kesayangan, bisa motret sudut sudut indah kota bontang, bisa ketemu guru guru sekolah tercinta, bisa maen sama adek adek yang alamak-kampret-ngeselin-minta-dijitak, bisa ke pasar jajanan ramadhan di kompleks mesjid raya baiturrahman bontang, bisa ketemu adek adek angkatan SMA yang unyu unyu, wah pokoknya bisa ngerjain segudang kegiatan yang gak akan mungkin bisa tak lakuin disini.

saya pulangnya gak sendirian sik. berangkatnya barengan sama Muhammad Arif. sahabat kecil saya. enggak, dia enggak kecil seukuran kuntet gitu. maksudnya itu kita udah temenan lama banget dari kecil. dari jaman rambut dia masih belah tengah sampe sekarang udah belahntakan, dari jaman rambut saya masih belah samping sampe sekarang belah-samping-agak-berantakan. kita berangkat dari jakarta naek pesawat singa. sampe di Balikpapan, ada kejutan. ternyata beberapa temen kami juga ada yang bertujuan ke bontang. namanya annisa latif sama dikma hartanjung. kejutan berikutnya, ternyata bapaknya si nisa ini ngejemput di balikpapan naek mobil, dan udah nungguin kita hampir dua jam. kejutan terakhirnya? saya udah mesen mobil dari jauh jauh hari sebelumnya yang sekarang juga lagi nungguin di bandara. alhasil saya ditinggal sama arif. TEGA!! gimana kalo saya diculik sama om om jemputan yang nganterin saya pulang entar??? oke, tenang mat. kamu sudah dewasa. kamu cukup mengingat beberapa jurus silat yang kamu pelajari jaman SD dulu waktu ngintip anak anak ekskul tapak suci. yang paling teganya lagi, sebelum saya ditinggal si arif, dia sempet minjem duit dulu buat jaga jaga soalnya dia bawa duit ngepas dan bakalan di ganti di bontang. (sampe sekarang belum diganti sodarah sodaraah)

singkat cerita kita misah. perjalanan darat ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 jam. belok naik turun bukit. dan luar biasanya, setahun ditinggal ternyata kondisi jalan lintas provinsinya makin parah.. banyak lobang segede gede kawah di pertengahan perjalanan. dan berhubung waktu itu bulan puasa, saya hampir batal dan sempet mampir ke restoran soto ayam.. beruntung restorannya penuh. akhirnya saya gak jadi makan dan kembali melanjutkan perjalanan ke bontang. (gak jadi batal puasa!!!) dengan ini puasa saya dinyatakan sah selama sebulan. kenapa? karna begitu sampai bontang kerjaan saya cuman tidur dari abis subuh sampe menjelang ashar -_-" kadang dzuhur kelewat... gimana gak kuat tuh puasanya :))

oia, sebelum ke bontang, orang rumah sempet nitip beberapa barang buat di bawa ke bontang. ada laptop baru buat adek (dibanding jaman saya dulu, laptop dia terlalu canggih. sial) trus ada RC helikopter buat the other adek. dan dia masih kelas 2 SD. saya pertama kali maen RC helikopter itu SMP. itupun yang harganya 200rebuan yang cuma bisa naek turun gak jelas. ngerengeknya 2 hari dan beli sendiri. mana tokonya jauh pula. nah dia? 600 Ribu bisa manuver sana sini. damn -__-" sedangkan emak? cukup minta manggis beberapa kilo. nyarinya lumayan setengah mati. mahal di ongkos transport ketimbang harga manggisnya sendiri -_- bapak? beliau yang ngasi dana. hehehe.

beberapa hari kemudian, waktu itu awalnya saya lupa gimana. tau tau bapak nanya. "kamu punya blog ya?" *deg kok tau?? waduh* "iya pa.. tau dari mana?" "ya tau laah. yang ada foto kamu berdua sama temenmu kan?" (yang beliau maksud itu bab yang ini) "iya. tau darimana sih?" "itu siapa kamu? pacar kamu ya?" "pa.. aku gak punya pacar. dan itu cowok -_-" "jadi kamu sama cowok?" ". . ." . sampe akhir percakapan bapak gak ngasi tau darimana dia dapet alamat blog nista ini. jawaban yang saya dapet cuma "tau dari komputer kantor" what the.. apa di kantornya blog saya udah nyebar luas gitu? oke mulai saat itu saya bertekad dalam hati gak akan ngepost yang aneh aneh disini -_- *berasa diawasin tuhan. padahal emang iya*

nah dibontang, ada beberapa kegiatan yang saya lakukan biar gak bosen bosen amat cuman tidur seharian nunggu buka puasa (hey, setengah lebih mahasiswa indonesia pasti kayak gini. ayo ngaku!!!) yang pertama itu reunian SMA. trus Reuni SMP, sayangnya untuk reuni SD batal karna gak ada koordinasi dengan tim pengurus dan jadwal peserta yang gak sinkron *tsah bahasanya..* tapi yang pling asyik itu saya dan temen temen lain yang kuliah juga di IKJ sempet ngisi workshop film pendek di SMA kita. sebagai seorang lelaki ganteng yang kangen dengan keadaan sekolah (dan dedek dedek unyu tentunya) pasti semangat dong. mudah mudahan film mereka semua bagus bagus ya hasilnya.

setelah lebaran rencana mau ngurus e-ktp. dan batal karna saya mendadak sakit gara gara pulang sholat jumat hujan hujanan ngebut. giliran udah sehat, undangan dari kecamatan buat ngurus e-ktp nya malah hilang. giliran balik ke jakarta, baru aja nyentuh kasur kosan tau tau ibu nelpon. katanya kertanya ketemu di keranjang sampah...(hening) jadi dalam waktu dekat ini mungkin saya bakal balik lagi kesana buat ngurusin tuh barang.

waktu di baru nyampe bontang, saya udah ngerencanain bakal balik ke jakarta tanggal 5. trus ngubungin temen yang kira kira bisa balik tanggal segitu. setelah ngecek, ternyata ada 3 orang. menjelang hari H, yang dua biji batal. sisalah satu orang yang bertahan. kitapun janjian ketemu di bandara. kebetulan penerbangan saya jaraknya gak jauh sauh banget sama dia. dia nyampe jam 2, saya jam 12 siang. nah berhubung saya nyampe duluan, jadilah saya yang nungguin. jam menunjukkan pukul 2 lewat 15 menit. kok masih belum ada pengumuman pesawat dia ya? saya cek jadwal kedatangan. lah kok pesawatnya dia gak ada dalam daftar? oke mungkin bentar lagi.. jam 3 lewat 10 menit. masih tetep gak ada kabar. oke kayaknya ada yang salah ini. saya coba kirim sms ke hpnya. gak kekirim. oke berarti dia masih di pesawat kan? atau... pesawatnya dia jatoh? omaigat.dih amit amiiit. jangan sampe kejadian saya harus kehilangan temen lagi deh. ya. saya udah kehilangan 3 orang teman. tapi bukan karna pesawat kok. oke mat tenang. kalo sampe malem gak ada kabar, kamu coba tanya petugas bandaranya. akhirnya beberapa menit menjelang jam 4 sore terdengar pengumuman "perhatian perhatian, pesawat garuda dengan nomer penerbangan sekian sekian sekian dari kota blablabla telah mendarat" NAH!!! dia datang,

akhirnya kita pulang bareng dalam satu kendaraan. ngobrol ngalor ngidul sana sini. dari bencana alam, kebakaran, jokowi, oleh oleh, sampe kegiatan sama keluarga masing masing di kampung halaman. oke buat kalian yang dari tadi nebak nebak, ya. dia perempuan. oke, tebakan kalian bener lagi. dia perempuan yang spesial buat saya. sayangnya aja saya terlalu pemalu buat ngomong langsung ke dia -__-" mudah mudahan dia gak baca blog ini.. hehehe. tapi walaupun saya gak ngomong langsung ke dia, seenggaknya saya nyoba "berkata" melalui perbuatan dan bukti nyata. gak hanya sekedar omongan doang. oke kenapa saya jadi ngomongin ini? yang jelas menunggu selama itu buat saya tegantikan dengan sesuatu yang pantas. bisa berdua sama dia dalam satu kendaraan. nganterin dia ke kosannya *itu pertama kalinya saya ngeliat kosannya dia* worth it banget lah *apasih* *sok inggeriesh* kalo dirunut dari awal seolah ini kebetulan sih. kita sama sama pulang tanggal lima, dua orang lain yang juga sama sama tanggal segitu ternyata batal, dan saya bisa berduaan. *ihiiy* *joget matahari*sekali lagi, mudahan dia gak baca.

nah gak lama lagi beberapa temen kampus saya bakalan ke bontang buat syuting film TA (tugas akhir) senior, jadi saya bakal ngikut rombongan juga ke bontang. sukur kalo dibayarin tiket sih #eh sekitar desember ini hunting lokasi, trus februari mulai syuting. ya saya juga ikut sih dalam syutingan itu, cuma gak jadi chief-nya. doakan film ini sukses ya kawan :)

Kamis, 25 Oktober 2012

Ngetwit nyoook



Sebuah baju lusuh tergantung sendu di belakang pintu. 
Ia menyimpan jutaan cerita di tiap jengkal serat seratnya... 
Di lengan kanan terdapat dua-tiga bolongan. 
Mungkin yang punya baju suka menyelipkan rokoknya di daun telinganya. 
Abunya berjatuhan. 
Kerahnya nampak kekuningan. 
Mungkin yang punya sering memeras keringatnya demi menerjang karang di lautan menuju teluk kebebasan. 
Warnanya yang dulu merah membara itu kini sudah padam termakan zaman. 
Terlihat sedikit gambar moncong putih seekor banteng dibelakangnya. 
Sejenak ruangan itu berhenti. 
Berhenti dari kebisingan dan kepenatan sang sepi. 
Waktu seolah tak ingin melanjutkan nafasnya disana. 
Sesak. 
Masih untung serat serat itu tak harus meringkuk lembab di pojokan lantai dapur. 
Membersihkan jejak jejak bisu di permukaannya. 
Kisah sebuah baju lusuh. 
Mengajarkan tentang mahalnya kesetiaan. 
Yang kadang nasibnya justru digantung tanpa kejelasan. 
Sendirian. 
Bahkan lap dapur pun masih bisa berguna ketimbang baju yang digantung... 
 Tercampakkan tapi bahagia. 
Ketimbang terjaga dalam kesepian. 

*****

AKHIRNYAAAAA!!! yap. tiga bulan lebih aku tinggalin blog ini. karna kesibukan yang di sibuk sibukkan dan karna... lagi seneng twitteran.  


ya. twitteran itu bener bener memaksimalkan hobi orang yang suka berbacot bacot ria. bahkan beberapa bahan yang harusnya aku tulis di blog ini justru dengan brutalnya tak paparkan di twitter. akibatnya ya gini. blog jadi ter anggurkan.. *puk puk blog*

ada yang pernah bilang kalau malam itu waktu yang tepat buat mencari inspirasi, selain begadang dan tidur. karna kalau siang siang bukan begadang namanya. tapi berdagang..*krik krik* 

nah berhubung saya suka begadang sambil twitteran, jadilah kalau kepikiran sesuatu pasti langsung di share di twitter. entah itu pendapat, pandangan, kritik, sindiran, sekedar nyampah gak jelas, bahkan omongan yang sedikit berbau "seni" kayak yang kalian baca diatas tadi. iya. saya gak tau apa yang saya tulis itu bisa disebut puisi apa enggak, saya juga gak tau kenapa nulis gituan di twitter saya. sumpah. tau tau aja kepikiran dan yak. reflek tangan otomatis langsung ngetik di twitter.

sebenernya sayang sih nulis gituan di twitter (menurut aku sih gitu) karna bakal ribet untuk nyarinya lagi dan ngumpulin jadi satu. frekuensi ngetwit yang lumayan sering ngebikin twit twit itu jadi tenggelam hilang dimakan cacing...

terakhir, tulisan saya yang diatas itu belum ada judulnya. kira kira apa ya judul yang cocok?

Sabtu, 14 Juli 2012

Hal Positif Ketika Menjelang Ujian

Finally...LIBURAN!!!!! wooohooooooooo...

hal yang paling ditunggu tunggu oleh anak kuliah maha sibuk kayak saya... kalian juga doong pastinya.. ya kan? yaakan?? YA KAN?? NGAKUU!!! *tenaang tenaang*

saya yakin kalian juga pasti nunggu masa masa santai dimana tidak ada tugas yang perlu dipusingkan (kecuali yang masih berkutat dengan skripsi) apalagi kemaren kemaren kalian baru aja ngalamin yang namanya ujian.
yak.. Ujian Akhir Semester ato bisa dikatakan UAS memang menjadi sosok yang sangat ditakuti insan muda kaum pelajar jaman sekarang... menghadapi UAS dapat menimbulkan hal hal yang enggak mengenakkan misalnya mendadak sakit, mendadak sibuk, mendadak malas, tapi gak pernah tuh mendadak kaya.. apalagi mendadak dangdut. (menurut loh?)
tapi tau nggak sih kalo Ujian ternyata juga memunculkan hal hal positif buat kamu? berikut bakal saya paparin hal hal positif apa aja yang bakalan muncul ketika kamu mau menghadapi ujian..



1. Muncul rasa ingin tahu.

ini beneran loh. menjelang ujian. rasa ingin tahu kita terhadap sesuatu biasanya meningkat tajam. meskipun kadang berupa hal yang nggak penting. misalnya: *malam menjelang ujian* "hmm.. bosen nih.. eh ini icon apa ya? kok ada huruf 'f' nya sih? coba kalo aku klik apa jadinya yah...?" (4 jam kemudian) "ooh ternyata facebook.. loh ini yang disebelahnya apa ya? kok sekarang hurufnya 't'...klik ah..." (5 jam kemudian) "owh ternyata twitter.. lah ini icon apalagi ya? hmm tulisannya sih Resident Evil.. eh, Evil kan setan ya? eh, itu evil apa devil sih? hmm cobe deh aku klik.." (tiba tiba sudah pagi)...



2. Muncul minat dan ketertarikan. 

kalo biasanya kamu gak pernah punya ketertarikan atau minat terhadap sesuatu,tapi kali ini justru lain... berbahagialah karna saat ini kamu sudah punya minat terhadap sesuatu dan.. lagi lagi terhadap hal yang gak terlalu penting.. seneng banget kan? contoh:

*Tiba-tiba tombol Next di Winamp, windows media player, ataupun aplikasi pemutar musik lainnya menjadi sangat menarik untuk di-klik. Next. Next. Next.NextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNextNext…


3. Menimbulkan rasa kepedulian. 

sungguh luar biasa ya efek positif yang kita dapat menjelang ujian ini... selama ini kita yang selalu cuek, tiba tiba entah dapat ilham darimana tau tau kamu sekarang jadi manusia yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama. saking tingginya rasa kepedulian kamu, mungkin kamu cocok kerja di lembaga lembaga sosial semisal unicef, WHO, dan ratusan lembaga sosial yang lainnya. pastinya mereka akan sangat membutuhkan rasa kepedulian kamu yang luar biasa tinggi itu. namun sayangnya lagi lagi kepada hal yang gak terlalu penting.

*Si Rondel gimana kabarnya ya? loh kok status FB si Agung Hercules gini banget sih? lagi galau kayaknya tuh orang ya abis ditinggal Astuti? Eh, udah ada yang mention aku lagi belom ye di Twitter? Wuidiihh. aku di follow artiis.. julia peres.. eh, yang bener kan perez ya? waah. si nikita mirzani lagi bikin kultwit tentang perfilman nih.. copy ah twitnya.. kali aja ntar berguna. “Detik.com: DPR desak pemerintah gunakan cara militer atasi perompak Somalia.” lah, Knapa bukan: Pemerintah gunakan Cara Militer Untuk Atasi DPR aja sih?”


4. Muncul Hobi baru.

ini efek yang sangat luar biasa.. bayangkan. bagi kamu yang dari jaman TK yang tiap ditanya hobinya sama bu guru selalu jawab. "gak tauuuu" ato "pikir pikir dulu deh" atau "hmm... kasih tau gak yaa?" nah sekarang kamu jadi bisa punya hobi. atau mungkin yang sudah bosan dengan hobi lama kamu dalam bermain sabun, sekarang kamu bisa punya hobi baru.. ya kawan. hobi baru.. sangat luar biasa. ini super sekali. berikut daftar hobi baru yang paling banyak dilakukan...


     1. ngejar postingan di kaskus biar cepet iso

     2. ikut komunitas jempolers. alias tukang nge-like di facebook

     3. jalan jalan bareng temen ke tempat tempat yang belum pernah dikunjungi

     4. entah kenapa kamu yang gak suka membaca tiba tiba jadi ketagihan membaca.


5. Semakin rajin ibadah

diantara semua efek diatas, efek inilah yang menurut saya paliiiiing super.. yak.. menjadi rajin ibadah adalah hal yang sangat susah dan jarang dilakukan kaum pelajar jaman sekarang... yakaan? ngaku deeh..ha? enggak? ngaku doong? ya? ngaku ya?*maksa*




biasanya yang kalo sholat cuman sebulan 4 kali (hari jum'at doang.. itupun di pamer pamerin di BBM dan twitter :P) kali ini jadi 20 kali SEHARI!!! sekaligus dngan sholat sholat sunnahnya... berdoapun selalu dilakukan tiap 5 menit sekali... mungkin sebaiknya ujian diadakan pada bulan romadhan aja kali ya? biar pahalanya dobel dobel ?

nah itulah kira kira kelebihan yang bisa kamu dapat ketika saat saat menjelang ujian...  intinya pasti selalu ada sisi positif dari suatu hal yang terburuk sekalipun... mungkin kita hanya perlu merubah sudut pandang... dan IP saya turun drastis.. DAMN...

Sabtu, 05 Mei 2012

Alasan-alasan Terlambat Menyerahkan Tugas

holaa.. kali ini saya balik lagi dengan kumpulan tips tips jitu seputar mahasiswa... tapi buat kamu yang belum jadi mahasiswa, jangan khawatir.. dengan sedikit improvisasi, tips tips berikut juga bakal bisa kamu praktekin kok.. sekarang kita bakal bahas apa aja sih alasan alasan yang baik dan benar untuk digunakan seandainya kamu lupa mengerjakan tugas atau terlambat menyerahkan tugas.. tentunya agar tugas kamu di terima baik oleh si dosen dan kalo beruntung, nilai kamu gak bakal dikurangi. bahkan mungkin bisa nambah~

1. "Tugas saya terlambat karena saya terjaga sepanjang malam menulis surat menuntut kenaikan gaji dosen."


 tunjukin kalo kamu itu punya rasa peduli yang besar sama dosen kamu. dosen juga manusia yang punya hati dan perasaan. mendengar alasan kamu yang rela mengorbankan waktu istirahat kamu yang sangat amat sangat luar biasa berharga itu demi membela kebutuhan dan kepentingan dosen kamu itu. kalo sudah kamu lakuin ini, bukan hanya tugas kamu yang bakal diterima, bahkan mungkin kamu bakal jadi mahasiswa kesayangan si dosen.

2. Makhluk dari planet luar mengambil tugas saya sebagai contoh karya sastra hebat dari Bumi.

jangan salah.. seorang dosen yang baik dan benar selalu memiliki rasa ingin tau yang luar biasa tinggi.. mungkin aja dengan kamu menceritakan fenomena aneh ini, beliau jadi tertarik melakukan sebuah penelitian rahasia yang bisa saja secara gak langsung dapat menghasilkan temuan temuan yang kelak akan sangat berharga bagi kehidupan seluruh ummat manusia yang ada dimuka bumi ini. dan kamu tentunya sudah menjadi bagian dari hasil yang membanggakan anak cucu kamu kelak.




3. Saya tidak bisa menyerahkan tugas karena semalam rumah saya kemalingan dan maling itu juga mengambil tugas saya.

manusia mana sih yang gak akan prihatin mengetahui kenalannya terkena musibah? apalagi kemalingan.dosen kamupun juga pasti begitu. jangan lupa sebelum masuk kelas, kucek kucek kedua mata kamu hingga merah, lalu teteskan beberapa tetes obat tetes mata beberapa tetes mata beberapa tetes mata *lah jadi keulang ulang gini -___-* jangan lupa ceritakan bagaimana perjuangan kamu menghadapi sang maling dengan sangat gigih mempertahankan harta curiannya.. ceritakan juga bagaimana kamu berhasil mengalahkan ke 15 orang teman dari maling pencuri tersebut. namun karna salah satunya mengancam akan menembak mati ikan mujair piaraan kamu untuk dijadikan sandra, akhirnya kamupun terpaksa merelakan sang maling tersebut pergi. jangan lupa, ketika bercerita harus seserius dan terlihat semangat dan berdebar debar sehingga semakin menambah daya tarik cerita kamu.

4. Saya tidak bisa mengerjakan tugas karena tanpa sengaja saya mengelem gigi saya sehingga harus pergi ke dokter gigi.

gak tau apa hubungannya gigi dengan tugas.. tapi gak ada salahnya kan kalo cara ini dicoba? kamu bisa mengatakan bahwa waktu kamu mengerjakan tugas tersita karna kamu harus pergi berobat ke dokter gigi. belum lagi kalo dokter giginya penuh dan harus ngantri.. dan setelah berjam jam kemudian, ternyata sudah tiba waktunya untuk tutup dan kamupun terpaksa pulang dengan tangan hampa.. dan tanpa sengaja kebelet pipi dan akhirnya tidur nyenyak.. dan saya masih tetep gak tau apa hubungannya pipis dengan tidur nyenyak...

5. Saya tidak bisa mengerjakan tugas karena kucing saya beranak di dalam tas saya.

tau kan kalo kondisi kucing yang lagi beranak itu galaknya ampun ampun? dan kebetulan tugas kamu tertinggal di dalam tas yang dijadiin sarang ama ntu kucing akumulasi dari rasa takut dan gak tega pasti bakal memantapkan niat kamu untuk enggak mengganggu kegiatan sakral si kucing tersebut. kadakan pada dosen kamu bahwa kamu juga turut berusaha membantu persalinan si ibu kucing dengan melarikannya ke rumah sakit terdekat. dosen kamu pasti maklum.

6. Robot tiruan jahat telah mengambil alih rumah saya kemarin dan dia tidak mengerjakan tugas.

selain dia tidak mau menggantikan kamu mengerjakan tugas. dia juga telah menghancurkan setengah isi kelurahan tempat kamu tinggal...

7. Saya tidak bisa mengerjakan tugas karena lensa kontak saya tersangkut di mata saya.
  dan percayalah. segala sesuatu yang nyangkut itu gak mengenakkan..
contohnya ini 
apalagi ini

8. Saya tidak bisa mengerjakan tugas karena sedang berduka atas kematian batu piaraan saya.
katakan pada dosenmu, bayangkan seandainya sesuatu yang paling kita sayangi meninggalkan kita begitu saja dengan tiba tiba.. katakan juga kamu butuh waktu menenangkan diri sekitar 2 tahun ke pulau tropis yang hangat dan indah untuk menghilangkan duka yang mendalam di hatimu...

9. Saya sudah mengerjakan tugas tapi ditulis dengan tinta kasat mata.

seorang dosen tentu tidak mau terlihat "kampung" dihadapan para mahasiswanya. diapun menyadari bahwa teknologi jaman sekarang memungkinkan hal itu. sehingga dengan muka sedikit bingung ia akan menerima tugas kamu dan berusaha mencari tau cara membaca tulisan yang "tidak terlihat" tersebut.

10. Tugas saya terlambat karena saya mengidap gangguan konsentrasi,… Err.. saya bilang apa tadi?

gangguan konsentrasi bisa mengakibatkan... apa ya.. kita ngebahas apaan sih?


11. Saya tidak mengerjakan tugas karena sifat kekanak-kanakan di dalam diri saya tidak menyukainya.

yaa.. gitu deh...




Jumat, 04 Mei 2012

Selusin Tips dan Trik Bagi Mahasiswa Ngulang, Tingkat akhir, dan Akhir Sekali

pernah gak sih kamu ngulang salah satu mata kuliah karna alasan nilai yang gak mencukupi? atau mungkin karna ingin memperdalam kembali ilmu di mata kuliah itu? (yang ini kayaknya gak mungkin :p)
ato bahkan mungkin kamu adalah mahasiswa tingkat akhir yang enggak lulus lulus karna mungkin masih sayang dengan kampus kamu? well.. gak perlu malu ataupun minder. berikut ini saya berikan tips tips   dalam menghadapi masa masa laknat yang kamu jalani tersebut.. cekidoot~

1.      JANGAN SOMBONG

kalo kamu masih mengikuti perkuliahan, jangan pernah sombong terlihat sombong, pengen sombong, terlanjur sombong (apa ini?) . tetap low profile kepada adik tingkat yang ilmunya tentu jauh di bawah kamu. Bagaimana tidak, kamu kan sudah mendengar perkataan yang sama dari dosen sebelum si adik tingkat jadi mahasiswa. kamu sudah jauh lebih menguasai mata kuliah yang diberikan (seharusnya). soalnya kamu udah ada bayangan dan bisa mengatur strategi *tsaah~. bandingin dengan dedek dedek angkatan kamu yang baru aja masuk dan gak pernah ada bayangan sama sekali sama kuliah yang bakal dia ikutin.so, ini kesempatan kamu buat tunjukin kepada mereka siapa bossnya.. SIAPA YANG LEBIH PINTAR!!! *uhuk.. maaf.. terlalu semangat* intinya jangan sombong.. down to earth lah.. kalo sombong, trus gak lulus, dan dedek dedek yang kamu sombongin tai lulus, rasanya itu #jleb banget deh.... *bukan pengalaman pribadi* #sueer



2.      PILIH TEMPAT TINGGAL YANG NYAMAN

kalo kamu sudah dalam proses bimbingan skripsi, Pilihlah tempat tinggal atau kos kosan... ato kontrakan deh.. yang tidak bertingkat, yaa buat  jaga – jaga aja kalo di dalam pikiran kamu terbesit keinginan buat loncat indah setelah pulang dari bimbingan skripsi dengan dosen yang berhati sekeras karang di samudra luas. kalo di kampus saya, sekarang ini lagi masa masanya praktika. ya ini juga tips buat temen temen kampus semua yang habis bimbingan ke 7 kalinya dan *lagi lagi* berakhir dengan revisi hanya karna kesalahan kecil yang sebenarnya gak penting penting amat. pindah tempat tinggal? gak perlu kok. kamu masih bisa nebeng di tempat tinggal temen kamu. ingat, cari yang orang tuanya baik hati dan kaya. jadi selain nebeng tidur sehari dua hari, kamu juga bisa nebeng makan, minum, mandi, maen PS3, dan yang paling menyenangkannya, waktu nebeng kamu bisa bertambah panjang menjadi seminggu. lumayan kan buat penghematan? #otakmahasiswangekos #hidupgratisan #ilovegratisan

3.      SELALU PAKE HEADSET

waktu kamu datang nuat bimbingan ke kampus, jangan lupa, selalu pakai earphone ato headphone, ato headset, ato apapun itulah namanya.. walopun kamu gak punya penyetel musik macem ipod, mp3, mp4, ato bahkan gak punya hp, tetep pake aja. kenapa? alasannya biar kamu bisa pura – pura gak dengeri *alasan buat nyuekin gituu* kalo misalnya tiba tiba ada temen yang nanya "sudah di acc belum berkas lo?" ato mungkin adek kelas yang nanyain "kapan lulusnya bang?" ato "angkatan berapa sih bang? kok tua banget?"

4.      CARI KAWAN SEPERJUANGAN YANG UDAH LOLOS

Dekati dan ajak sharing teman seangkatan yang pembimbing skripsinya sama tapi sudah lulus, jangan pernah malu, sungkan, ragu ataupun bimbang pada keagungan tuhaaan~ Betapa Maha besarnya
Kuasa segala alam semesta ~ *lah malah nyanyi... pokoknya coba aja minta saran dari temen kamu yang udah berhasil lulus tadi. tanyain ke dia bagaimana caranya biar bisa dapet  ACC dari dosen pembimbing yang sama dengan kamu. Ingat jangan membawa  senjata tajam ataupun benda tumpul semacam balok kayu ato tongkat baseball. takutnya kamu tiba tiba gelap mata pas temen yang kamu tanyain tadi bersikap rese’ dengan berkata  “ Pada dasarnya sih mungkin karena gue cerdas aja kali yaa…”

5.      CARI KAWAN SEPERJUANGAN YANG BELUM LOLOS

loh? tadi temen temen yang udah lolos.. sekarang kok malah yang belum lolos sih? wah gak konsisten nih.. huuu... eits, jangan salah ya. selain teman yang sudah lolos, temen yang belum lolos juga musti kudu didekati. jangan lupa dekati juga dan ajak sharing teman seangkatan yang punya prinsip "WOLESS AJA KALEE" dan bahkan belum kepikiran untuk ngajuin proposal. ato bahkan belum kepikiran mau ngapain (loh?). Untuk menenangkan hati bahwa masih ada yang lebih telat di banding kita. ingat, dibawah tanah masih ada tanah...

6.      COBA UNTUK BERBISNIS

Usahakan untuk berwirausaha meskipun kecil – kecilan. misalnya jual pulsa, jual rokok eceran, jual makanan ringan, jual temen, jual ginjal, jual apa aja deh... hal ini bakal berguna banget semisalnya ada temen ato dedek dedek angkatan yang nanya ke kamu, ato mungkin orang tua kamu “kenapa belum beres2 itu skripsi?” jawab saja… maaf, saya sibuk berbisnis. Yaaa daripada cepat – cepat lulus cuma untuk nambahin pengangguran di Indonesia, lebih baik saya merintis membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Usahakan dengan ekspresi seserius mungkin, tatapan mata tajam menghadap ke muka temen kamu dan tangan di kepalkan ke udara.

7.      BIKIN GRUB FACEBOOK

kalo seandainya skripsi kamu masih selalu saja ada revisi dan tidak ada peningkatan bab terus menerus. Bikin grup di facebook dengan akun 1 juta orang mendukung skrpsi kamu agar segera di acc.

8.      MOTIVASI DIRI KAMU SENDIRI

Koleksi rekaman atau buku – buku motivasi seperti Mario Teguh ,AA Gym atau Canghegar untuk menguatkan saat diri ingin menjerit “I’M QUIIIIIIT” jangan lupa sambil mendengarkan lagu lagu galau seperti video berikut. kalo gak keluar videonya coba di refresh~
Liriknya :

A C#m D Dm


A E D E
dimana.. kamu di mana.. revisi.. bukan..

A E D E
Kemana.. kamu kemana.. skripsi bukan..

Ku ingin.. kuliah sebentar.. ternyata.. lama..
Taukah aku skripsi.. dibalap.. kamu..

A C#M
jangan skripsi-skripsi terus..

Em F# Bm
aku tak mau kau lulus..

Dm C#m F#m
temani aku tuk setaun saja..

Bm E
agar aku tak kesepian..

Jangan janji janji saja..
aku tak mau kau wisuda..
temani aku tuk setaun saja..
sampe aku jadi sarjana..

kalo mau tau siapa itu yang nyanyi? bisa di cek di sini

9.      IKUT SEMINAR MOTIVASI

 rajin rajinlah mengikuti seminar motivasi agar tetap semangat mengerjakan si skripsweet, Jikalau belum lulus – lulus juga, kamu bisa melamar jadi trainer motivasi (karena sudah hapal segala macam kalimat dan cerita motivasi). lumayan kan.. selain bisa menghasilkan duit, kamu juga bisa membantu orang lain yang punya masalah yang sama kayak kamu. super sekali...

10.    JANGAN PERNAH TERBERSIT BUAT NYARI JASA PENGERJAAN SKRIPSI KE ORANG LAIN

Jangan, pokoknya jangan saja.

11. Jika orang tua sudah rajin menelpon menanyakan kapan lulus katakan alasan yang sejujurnya. Kebohongan apalagi ke ortu bisa jadi penyebab kesulitan dunia akhirat yang selama ini kamu alami... (ini seriusan...).

12. Mampir setiap hari ke tumblr fuckyeahmahasiswa. Guys, you’re not alone…