Senin, 11 April 2011

gue?? elu?? saya?? aku?? kamu?? aaaargh... serangan budaya luaaar!!!

gaaak.. kali ini gue bukan ngebahas tentang ke idiotan gue di masa lalu.. bukan juga tentang agresi negara gembiraria dan hungaria ke indonesia..
jadi gini.. menurut gue, sesuatu yang berhubungan dengan budaya luar, bukan berarti luar negri.. bisa juga budaya yang berasal dari dalam negri sendiri.. tapi masih bukan budaya kita tentunya.. misalnya, gue orang kalimantan.. lahir di kalimantan. besar di kalimantan. dan sekarang kuliah di jakarta. bagi gue, budaya jakarta merupakan budaya luar. jadi budaya yang sama sekali belum pernah kita kenal, bisa disebut budaya luar... gituu..

manusia sendiri memiliki sesuatu yang disebut "Filter budaya".. dimana kemampuan filter pada tiap manusia pasti beda.. ada yang lobangnya gede gede sehingga, budaya yang diterima otomatis enggak dipilah pilih.. akibatnya apapun itu, entah baik atau buruk, selama itu mode, ya bakal di caplok habis habisan deh ama dia (caplok?? gak enak bangt ya bahasanya)
ada juga manusia yang filternya bener bener mampet.. rata tanpa lubang.. manusia yang kayak gini biasanya yang gak mau mengikuti perkembangan jaman.. mulai dari jaman lagu isabela ngetren, sampe enggak ngetren, trus ngetren lagi hingga akhirnya sekarang udah ga begitu ngetren, dia tetep keukeuh untuk mempertahankan apa yang dia yakini... walaupun konsekuensinya mungkin dia dikatain jadul, gak gaul, cupu, cupang dan capcus.. (oke, dua terakhir ngarang). filter nyang baik tentu aja filter yang seimbang doong.. gak longgar dan gak mampet.. sehingga, kita enggak ketinggalan jaman dan enggak kena dampak negatif dari globalisasi.
gue akui, gue adalah salah satu orang yang sedikit gampang terpengaruh dengan budaya luar... contoh paling simpel adalah dari bahasa.. yap.. alat pemersatu ummat.. hehehe


dulu, di kalimantan, saya biasanya pake kata kata saya, aku, kamu, anda.. tapi berhubung sekarang udah dijakarta, pengaruh budaya yang diterima bener bener membuat struktur bahasa jadi berubah total.. sekarang biasa pake kata kata "gue, lo, eloh, loe, eloe, gua hantu.. emang sih gak buruk.. bukan berarti kata kata yang barusan saya sebut itu enggak bagus.. mempelajari bahasa orang tentu bukan hal yang buruk.. cumaaa... kalo mau pake bahasa "mereka" akan lebih sedap di dengar kalo kamu ngelatih logat kamu juga kan?
gak lucu dong kalo kamu pake kata gue dengan logat madura? ntar jadinya we-gue dong?? malah bisa menimbulkan pemahaman yang lain lagi nantinya.. hihihi (maap yaa.. bukan bermaksut menghina.. acara ini hanya bertujuan untuk menghibur. apabila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan)

gue sendiri lebih suka pake kata kata saya atau aku buat ngobrol ama temen temen akrab... sedangkan kata kata gue atau gua, baru saya pakai ketika berbicara dengan teman teman kampus yang memang mayoritas berasal dari jakarta.. biar "merakyat" lah istilahnya.. hehehe

dan karna berhari hari saya mengalami kegalauan yang luar biasa akibat penggunaan kata kata ini (lebay ah..) maka dengan ini, diputuskan, mulai sekarang dan seterusnya, saya akan pake kata kata "saya" & "aku" untuk mendeskripsikan diri sendiri.. (horeeeeeee....)

1 komentar:

silahkan dikomentari disini.... pilih openID dan masukin alamat situs kamu atau alamat jejaring sosialmu. pilih Name/URL kalau kamu mau nyantumin nama atau home page, atau dua duanya. pilih "anonymous" kalau kamu gak pengen dikenal.