Kamis, 29 Juli 2010

Kiat kiat hidup di kota besar

Wohoo.. gak kerasa sekarang uda kuliah.. padahal rasa rasanya nih, kayak kmaren masi TK, eniwei, buat kamu kamu yang uda masuk perguruan tinggi favorit kamu, saiia ucapkan SELAMAT!!!

dan itu berarti kamu kamu uda memasuki sebuah jenjang baru dimana kamu seharusnya telah melakukan sesuatu yang dinamakan sesuai dengan apa yang di kehendaki oleh... aaahh ribet. pokoknya intinya, gak lama lagi, kamu akan pergi meninggalkan rumah, jauh dari orang tua, dan harus bisa mandiri.. pastinya bakal susah banget tuh kalo kamu emang uda gak terbiasa dari sebelum sebelumnya..
kebanyakan dari kamu nih, biasanya memilih perguruan tinggi yang masuk dalam jajaran 10 besar PTN terbaik di indonesia.. misalkan UI, UGM, ITB, ITS, dan lain lain.. rata rata PTN ntu, berada di kota kota besar kayak misalnya bandung,jakarta, jogja, semarang, bahkan surabaya.
nahh. sebagai anak motropolitan nih,(sotaak) saiia uda apal bner seluk beluk jurang hitam yang ada di kota besar.. (padahal cuman tau dari cerita orang aja...) termasuk kejahatan  yang ada di dalamnya, untuk ituu.. jeng jeng jeng jeeeeng.. saiia akan membagi bagi tips kepada kamu tentang bagaimana caranya melakukan menghindari kejahatan kejahatan tersebut niih.. mujur??  ya kalo kamu uda rada gendeng sih, pasti bakalan percaya...

1 : Penipuan lewat Handphone.
Pernah nerima pesan kayak gini gak? : "selamat ye, ente uda dapet hadiah dari kami berupa stok celana dalem selama setaon dari PT. Kibul Jaya Pasti. undian dilakukan di depan bang asep, penjual tahu goreng deket poskamling".. kalo pernah, ntu artinya kamu uda jadi CALON korban penipuan mereka.. kenapa calon?? karna kamu masi dalam tahap awal penipuan.. ntar kalo uda disuruh nransfer duit,(trus dengan bego`nya kamu lakuin,) nah, status kamu skarang adalah KORBAN...muhahahaha..


 solusi yang saya tawarkan untuk hal ini adalah, kamu kerjai balik aja ntu orang, contohnya gini

Penipu Kampret (PK) : selamaat, anda telah memenangkan satu set peralatan wudhu berupa bla bla bla...... hubungi nomor pak Kibul di XXXX
Anda Yang Ditipu (AYD) : *menghubungi nomor tersebut
PK : yak, disini dengan PT. Kibul Pasti Sejahtera, ada yg bisa dibanting?? eh.. maap.. dibantu?
AYD : bisa saya berbicara dengan bapak Kibul?
PK : yak, kebetulan sekali dengan saya sendiri disini...
AYD : pak, bapak tau gak pak, tindakan menipu itu pak, dosa pak.. Bapak mau nanti matinya susah? gak pernah nonton rahasia ilahi ya pak? mau ntar kalo bapak meninggal, mayatnya bapak dimakan ama Onta arab? belum lagi ntar di dalam kubur.. didalam sana itu pak, sempit pak.. gelap lagi..dan asal bapak tau, PLN belum masuk di daerah sana pak... apa mau bapak gelap gelapan?? bapak harus bekal genset tuh pak kalo gak mau gelap.. blum lagi ntar di hari kiamat pak.. bapak bakal masuk neraka.. bapak bakal di iket di pohon mangga, trus bakal diklitikin ama setan setan ampe bapak kecepirit... bapak mau kayak gitu haa?? MAU KAYAK GITU??

gua jamin dah, kalo uda loe jalanin saran saiia, maka bukan cuma kamu uda nyelamatin seseorang dari masuk neraka, tapi juga kamu uda berhasil menemukan bakat kamu menjadi seorang penyiar radio siaran misteri...

2 :MAHO
bukaan.. saiia bukan ngebeberin jati diri saiia.. but, why?? maho bisa dijadikan suatu tindak kejahatan?? berdasarkan pengalaman tmen saiia (gak gak.. dia bukan homo kok...) yang pernah berurusan ama makhluk yang satu ini, maho bisa dijadikan jenis kejahatan kana faktor berikut
  1. mengganggu jam tidur : bayangin aja.. tiap jam 4 pagi, kamu kamu bakal dibangunin oleh bunyi hape baik       itu karna sms, ataupun misskoll..lha mending juga kalo yang bangunin ntu sinikita willi... lha ini, MAHO!!
  2. meresahkan : bayangin kalo yang punya kost kamu itu orangnya maho... mau bayar kost, ntar pas ngasi           duit, tangan kamu bakal di grepe grepe dengan sensasi yang sangat sangat diluar jangkauan akal manusia         normal( kecuali kalo kamu sama sama HOMO)..
  3. bikin lo jomblo selamanya : tiap ada cewek yang deket ama kamu, pasti ama si MAHO ini  nih, bakal             dideketin juga.. trus, dia bakal ceritain yg jelek jelek tentang kamu ke ni cewek..(uda keabayang                     lanjutannya kan??)

 solusi yang gue tawarin kalo kamu uda terlanjur kejerat ama MAHO, kamu datangi rumahnya waktu tengah malam, siram bensin. trus kamu bakar deh rumahnya...

3 :Pencurian Handphone.
Mungkin setelah perhiasan emas, maka barang lain yang mungil, mudah dibawa kemana aja dan yang paling utama Harganya relatif tetap lumayan tinggi adalah handphone. Banyak orang yang mulai berpikir untuk berinvestasi lewat handphone. Kalo gak ada uang, jual aja handphonenya. Cepat laku dan harganya tidak terlalu jatuh. Tapi kelebihan dari handphone inilah yang membuat barang mungil ini menjadi barang yang diincar oleh banyak pencuri. Tinggal ambil, lalu buang chip nomor HP-nya, jual deh.
Tips: Hati-hati saja. Mungkin lebih baik jika di kendaraan umum, handphonenya dimatikan saja, agar tidak terlalu menjadi perhatian orang jika tit-tut-tit berdering, mendingan juga kalo nada deringnya band jaman skarang... lha kalo suara kayak bunyi truk mundur, kan malu maluin... . Rasanya, lebih aman kalo HP digantungkan/dikalungkan di leher dan dimasukkan ke dalam kantung atau kerah blues/kemeja. Bagi mereka yang berjilbab, peletakan model gantung ini bisa lebih aman karena HP otomatis tertutup oleh keberadaan jilbab. Biasanya, pencuri HP rada sungkan untuk merogoh ke bagian depan tubuh kita. Kecuali kalau si pencuri memang sudah benar-benar nekad.ngegrepe grepe kita di depan umum ^_^

saran saya : PAKAILAH JILBAB... kalo cowok?? ya gak papa.. kalo ditanya, bilang aja biar HPnya gak dicopet.. ato, kalo masi tetep gak mau, kamu bawa aja hape super jadul dengan layar monokrom, suara kyk truk mundur, trus casing uda lecek.. kali aja si maling kasian, trus kamu dikasi yang baru deh..

4 : Pelecehan dan Pemerkosaan
jaman sekarang ntu, gak cuman cewek aja yang diperkosa.. cowokpun juga bisa (yang merkosa pastinya MAHO)
Pada sebuah pengamatan yang diperoleh dari keterangan para pelaku tindakan pelecehan dan pemerkosaan terhadap wanita tersebut diperoleh beberapa keterangan tentang tipe-tipe wanita yang biasa dijadikan sasaran penjahat. Yaitu:
a. Model Rambut. Dari pengakuan para pemerkosa ternyata mereka umumnya tertarik pada wanita dengan model rambut panjang. Kenapa? Karena dengan model rambut panjang tersebut, dengan mudah si pemerkosa bisa menarik rambut wanita tersebut lalu menyeretnya pergi untuk diperkosa. Juga model rambut yang dikepang panjang. Atau model jilbab lebar atau jilbab gaul dengan model kepang belakang.
Tips Pencegahan: hindari model rambut atau jilbab yang memudahkan orang untuk merenggut sekaligus menyeret tubuh kalian.
b. Pakaian. Makin kompleks model pakaian yang dikenakan oleh seorang wanita, ternyata semakin membuat para perencana pemerkosa tidak berminat untuk menjalankan aksinya. Artinya, mereka yang menjadi korban pemerkosaan ternyata adalah para wanita yang berpakaian serba simpel dan praktis. Seperti mereka yang mengenakan sackdress (baju terusan simpel), rok pendek model berbagai macam model, rok panjang yang model lebar, daster, pakaian atau kain dengan model kemben, dan bahkan gamis/abaya tanpa daleman bagi wanita muslimah.
Tips Pencegahan: Untuk para penggemar gaun model gamis atau abaya atau rok terusan, selalu kenakan celana panjang atau celana pendek selutut di dalam gaun kalian. Sedangkan untuk para penggemar gaun model simpel, hmm.. mungkin ini saatnya untuk merubah penampilan kalian agar para pemerkosa sungkan untuk berpikiran jahat pada kalian.
c. Sikap. Para pemerkosa selalu mengincar para wanita yang terlihat lengah. Seperti mereka yang sedang berjalan sambil ber-sms ria, mereka yang berjalan sambil melamun, atau mereka yang sedang duduk-duduk seorang diri dengan sikap tubuh yang sama sekali tidak waspada.
Tips Pencegahan: Waspada saja deh. Kalau perlu, selalu siapkan semprotan yang bisa memerihkan mata di dalam tas atau tempat yang mudah diraih. Dan satu lagi, jangan menunggu di tempat terpencil dan sepi jika kamu sedang menunggu seseorang atau sesuatu.

nah, saran saya, pakailah baju dengan model pocong yang terbuat dari kain kafan asli, trus, jangan lupa mukanya di kame up sedemikian rupa.. jangankan para pemerkosa.. tetangga kamu aja gak bakal mau deh ngedeketin kamu..

5 :PENCULIKAN ANAK KECIL.
saran saya BANYAK BANYAKLAH MAKAN.. biar cepet besar dan gak dikira anak kecil...  

6 :Kejahatan Di Dalam Taksi
nah.. ini nih yang sering banget menimpa kamu kamu yang suka jalan jalan kemana mana naek taksi.gak cuma perampok aja yang suka nyuri.. tapi juga supir taksi..mreka mencuri waktu kamu dengan cara membawa kamu muter muter.. setelah argonya agak mahalan dikit, baru deh kamu dianterin ke tempat tujuan... sopir yang kayak gini nih emang pantas didoain biar tabrakan ama pohon beringin.. biar diculik skalian ama penghuninya..

saran saya, ya gak usa naek taksi laah. masi banyak to angkutan umum laen kayak bajaj dengan goncangan eksotisnya, ojek, bushway, mikrolet, ato metromini.. ato kalo yang lebi bagusnya nih, naek becak, gak bakalan deh kamu di bawa muter muter, pasti gempor dah ntu kakinya abang becak....

7 :KEJAHATAN KARENA KETIDAK DISIPLINAN YANG MERUGIKAN ORANG LAIN
Ada sebuah kisah. DI sebuah perempatan, lampu merah menyala. Tapi sebuah motor sama sekali tidak menghentikan kendaraannya dan terus melaju. Hingga BRAK!! Seorang pengendara motor lain dari arah berlawanan tertabrak. Polisi datang, menangkap si penabrak yang bersiap untuk kabur.
Mengapa saudara menerobos lampu merah? Tidak lihat lampu merah menyala?
Lihat pak.
Lalu kenapa saudara terus menerobos?
Karena saya tidak tahu kalo ada bapak di sini.... buset dah ni orang..enaknya dijitak aja nih orang kalo kamu ktemu ama yang ginian... emang sih, budaya di masyarakat kita itu ialah budaya MENTAL KULI.. bakal disiplin kalo ada mandornya... yg kayak gini nih yang gak bener.

saran saya, kalo liat orang yang gak taat aturan, kamu datangin, trus todong pake piso, biain dia triak triak minta tolong.. kalo kamu dihajar masa, biarin.. tunggu ampe polisi datang.. kalo udah dateng, naaah, kamu laporin deh orang yang gak disiplin tadi...
okeh.. sgini dulu kali ye.. kapan kapan saiia bakal posting lagi pengalaman pengalaman saiia hidup di ibu kota.. akhir kata saya yang punya blog undur diri... saya akhiri dengan sebuah pribahasa.. "guru kencing berdiri, dua tiga pulau terlampaui"..eh, kayaknya bukan itu deh.. ah.. bodo` ah...

2 komentar:

  1. saran2nya bagus juga,,
    saya pernah ngalamin dicopet diangkot, saya bungkam tapi saya cubit si copetnya.. haha

    mampir ke blog saya ya..
    herlinadamayanti.worpress.com ^^

    BalasHapus

silahkan dikomentari disini.... pilih openID dan masukin alamat situs kamu atau alamat jejaring sosialmu. pilih Name/URL kalau kamu mau nyantumin nama atau home page, atau dua duanya. pilih "anonymous" kalau kamu gak pengen dikenal.