Kamis, 01 November 2012

kisah mahasiswa pulang kampung

kemaren waktu bulan puasa, tepatnya bulan agustus, tepatnya lagi tanggal 5 agustus, saya seperti biasa mengikuti kebiasaan orang indonesia pada umumnya. Mudik.

sebagai seorang anak rantau yang jauh dari rumah dan keluarga, kesempatan setahun sekali kayak gini gak bakalan tak sia-sia in donks... terbayang sudah dikepala ini bisa ketemu temen temen sekolah, bisa ketemu bapak sama ibu, bisa makan masakan buatan ibu tercinta, bisa keliling keliling pake motor kesayangan, bisa motret sudut sudut indah kota bontang, bisa ketemu guru guru sekolah tercinta, bisa maen sama adek adek yang alamak-kampret-ngeselin-minta-dijitak, bisa ke pasar jajanan ramadhan di kompleks mesjid raya baiturrahman bontang, bisa ketemu adek adek angkatan SMA yang unyu unyu, wah pokoknya bisa ngerjain segudang kegiatan yang gak akan mungkin bisa tak lakuin disini.

saya pulangnya gak sendirian sik. berangkatnya barengan sama Muhammad Arif. sahabat kecil saya. enggak, dia enggak kecil seukuran kuntet gitu. maksudnya itu kita udah temenan lama banget dari kecil. dari jaman rambut dia masih belah tengah sampe sekarang udah belahntakan, dari jaman rambut saya masih belah samping sampe sekarang belah-samping-agak-berantakan. kita berangkat dari jakarta naek pesawat singa. sampe di Balikpapan, ada kejutan. ternyata beberapa temen kami juga ada yang bertujuan ke bontang. namanya annisa latif sama dikma hartanjung. kejutan berikutnya, ternyata bapaknya si nisa ini ngejemput di balikpapan naek mobil, dan udah nungguin kita hampir dua jam. kejutan terakhirnya? saya udah mesen mobil dari jauh jauh hari sebelumnya yang sekarang juga lagi nungguin di bandara. alhasil saya ditinggal sama arif. TEGA!! gimana kalo saya diculik sama om om jemputan yang nganterin saya pulang entar??? oke, tenang mat. kamu sudah dewasa. kamu cukup mengingat beberapa jurus silat yang kamu pelajari jaman SD dulu waktu ngintip anak anak ekskul tapak suci. yang paling teganya lagi, sebelum saya ditinggal si arif, dia sempet minjem duit dulu buat jaga jaga soalnya dia bawa duit ngepas dan bakalan di ganti di bontang. (sampe sekarang belum diganti sodarah sodaraah)

singkat cerita kita misah. perjalanan darat ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 jam. belok naik turun bukit. dan luar biasanya, setahun ditinggal ternyata kondisi jalan lintas provinsinya makin parah.. banyak lobang segede gede kawah di pertengahan perjalanan. dan berhubung waktu itu bulan puasa, saya hampir batal dan sempet mampir ke restoran soto ayam.. beruntung restorannya penuh. akhirnya saya gak jadi makan dan kembali melanjutkan perjalanan ke bontang. (gak jadi batal puasa!!!) dengan ini puasa saya dinyatakan sah selama sebulan. kenapa? karna begitu sampai bontang kerjaan saya cuman tidur dari abis subuh sampe menjelang ashar -_-" kadang dzuhur kelewat... gimana gak kuat tuh puasanya :))

oia, sebelum ke bontang, orang rumah sempet nitip beberapa barang buat di bawa ke bontang. ada laptop baru buat adek (dibanding jaman saya dulu, laptop dia terlalu canggih. sial) trus ada RC helikopter buat the other adek. dan dia masih kelas 2 SD. saya pertama kali maen RC helikopter itu SMP. itupun yang harganya 200rebuan yang cuma bisa naek turun gak jelas. ngerengeknya 2 hari dan beli sendiri. mana tokonya jauh pula. nah dia? 600 Ribu bisa manuver sana sini. damn -__-" sedangkan emak? cukup minta manggis beberapa kilo. nyarinya lumayan setengah mati. mahal di ongkos transport ketimbang harga manggisnya sendiri -_- bapak? beliau yang ngasi dana. hehehe.

beberapa hari kemudian, waktu itu awalnya saya lupa gimana. tau tau bapak nanya. "kamu punya blog ya?" *deg kok tau?? waduh* "iya pa.. tau dari mana?" "ya tau laah. yang ada foto kamu berdua sama temenmu kan?" (yang beliau maksud itu bab yang ini) "iya. tau darimana sih?" "itu siapa kamu? pacar kamu ya?" "pa.. aku gak punya pacar. dan itu cowok -_-" "jadi kamu sama cowok?" ". . ." . sampe akhir percakapan bapak gak ngasi tau darimana dia dapet alamat blog nista ini. jawaban yang saya dapet cuma "tau dari komputer kantor" what the.. apa di kantornya blog saya udah nyebar luas gitu? oke mulai saat itu saya bertekad dalam hati gak akan ngepost yang aneh aneh disini -_- *berasa diawasin tuhan. padahal emang iya*

nah dibontang, ada beberapa kegiatan yang saya lakukan biar gak bosen bosen amat cuman tidur seharian nunggu buka puasa (hey, setengah lebih mahasiswa indonesia pasti kayak gini. ayo ngaku!!!) yang pertama itu reunian SMA. trus Reuni SMP, sayangnya untuk reuni SD batal karna gak ada koordinasi dengan tim pengurus dan jadwal peserta yang gak sinkron *tsah bahasanya..* tapi yang pling asyik itu saya dan temen temen lain yang kuliah juga di IKJ sempet ngisi workshop film pendek di SMA kita. sebagai seorang lelaki ganteng yang kangen dengan keadaan sekolah (dan dedek dedek unyu tentunya) pasti semangat dong. mudah mudahan film mereka semua bagus bagus ya hasilnya.

setelah lebaran rencana mau ngurus e-ktp. dan batal karna saya mendadak sakit gara gara pulang sholat jumat hujan hujanan ngebut. giliran udah sehat, undangan dari kecamatan buat ngurus e-ktp nya malah hilang. giliran balik ke jakarta, baru aja nyentuh kasur kosan tau tau ibu nelpon. katanya kertanya ketemu di keranjang sampah...(hening) jadi dalam waktu dekat ini mungkin saya bakal balik lagi kesana buat ngurusin tuh barang.

waktu di baru nyampe bontang, saya udah ngerencanain bakal balik ke jakarta tanggal 5. trus ngubungin temen yang kira kira bisa balik tanggal segitu. setelah ngecek, ternyata ada 3 orang. menjelang hari H, yang dua biji batal. sisalah satu orang yang bertahan. kitapun janjian ketemu di bandara. kebetulan penerbangan saya jaraknya gak jauh sauh banget sama dia. dia nyampe jam 2, saya jam 12 siang. nah berhubung saya nyampe duluan, jadilah saya yang nungguin. jam menunjukkan pukul 2 lewat 15 menit. kok masih belum ada pengumuman pesawat dia ya? saya cek jadwal kedatangan. lah kok pesawatnya dia gak ada dalam daftar? oke mungkin bentar lagi.. jam 3 lewat 10 menit. masih tetep gak ada kabar. oke kayaknya ada yang salah ini. saya coba kirim sms ke hpnya. gak kekirim. oke berarti dia masih di pesawat kan? atau... pesawatnya dia jatoh? omaigat.dih amit amiiit. jangan sampe kejadian saya harus kehilangan temen lagi deh. ya. saya udah kehilangan 3 orang teman. tapi bukan karna pesawat kok. oke mat tenang. kalo sampe malem gak ada kabar, kamu coba tanya petugas bandaranya. akhirnya beberapa menit menjelang jam 4 sore terdengar pengumuman "perhatian perhatian, pesawat garuda dengan nomer penerbangan sekian sekian sekian dari kota blablabla telah mendarat" NAH!!! dia datang,

akhirnya kita pulang bareng dalam satu kendaraan. ngobrol ngalor ngidul sana sini. dari bencana alam, kebakaran, jokowi, oleh oleh, sampe kegiatan sama keluarga masing masing di kampung halaman. oke buat kalian yang dari tadi nebak nebak, ya. dia perempuan. oke, tebakan kalian bener lagi. dia perempuan yang spesial buat saya. sayangnya aja saya terlalu pemalu buat ngomong langsung ke dia -__-" mudah mudahan dia gak baca blog ini.. hehehe. tapi walaupun saya gak ngomong langsung ke dia, seenggaknya saya nyoba "berkata" melalui perbuatan dan bukti nyata. gak hanya sekedar omongan doang. oke kenapa saya jadi ngomongin ini? yang jelas menunggu selama itu buat saya tegantikan dengan sesuatu yang pantas. bisa berdua sama dia dalam satu kendaraan. nganterin dia ke kosannya *itu pertama kalinya saya ngeliat kosannya dia* worth it banget lah *apasih* *sok inggeriesh* kalo dirunut dari awal seolah ini kebetulan sih. kita sama sama pulang tanggal lima, dua orang lain yang juga sama sama tanggal segitu ternyata batal, dan saya bisa berduaan. *ihiiy* *joget matahari*sekali lagi, mudahan dia gak baca.

nah gak lama lagi beberapa temen kampus saya bakalan ke bontang buat syuting film TA (tugas akhir) senior, jadi saya bakal ngikut rombongan juga ke bontang. sukur kalo dibayarin tiket sih #eh sekitar desember ini hunting lokasi, trus februari mulai syuting. ya saya juga ikut sih dalam syutingan itu, cuma gak jadi chief-nya. doakan film ini sukses ya kawan :)

2 komentar:

  1. Balasan
    1. pengennya sih gitu.. cuma entar takutnya jadi beraaat.. sek sek tak pilah pilih deh beberapa gambarnya~

      Hapus

silahkan dikomentari disini.... pilih openID dan masukin alamat situs kamu atau alamat jejaring sosialmu. pilih Name/URL kalau kamu mau nyantumin nama atau home page, atau dua duanya. pilih "anonymous" kalau kamu gak pengen dikenal.